Congratulations on Your First Book Launch – April 17, 2015

Siang itu, setelah Book Launch, RJ sudah kembali ke sekolah, tamu bubar, venue sudah dibereskan.

Saya rasa tidak berlebihan jika saya menangis tersedu didalam mobil, menangis terharu, bangga akan my RJ. Hari ini dia meluncurkan bukunya. Buku tentang E-waste adalah buku pertama RJ yang diterbitkan. Hari ini menjadi flashback buat saya akan segala proses dan journey RJ ketika menyusun ini.

Diawali dengan projek sekolah di kelas 5 tentang penggunaan barang elektronik berlebihan. Bersama dengan kelompok Technosiastic (Davi, Audrey, Fatah), RJ begitu tenggelam asik didalam penelitian dan penulisan laporan individunya. Ujung dari projek ini adalah exhibition dimana setiap anak memamerkan dan memaparkan hasil penelitiannya. Ketika kakeknya datang melihat exhibition dan mendengar penjelasan presentasi nya, Ato (panggilan kakek) merasa karya ini sayang jika tidak dijadikan buku. RJ pun termotivasi dan terinspirasi untuk kembangkan hasil projek sekolah ini menjadi buku. Saya sebagai ibu ikut bangga dan sigap memfasilitasi, karena merasa keinginan seperti ini jarang terjadi dan merupakan moment yang harus segera ditangkap dan ditanggapi. Saya menghubungi kenalan yang merupakan publisher buku, beberapa. Satu yang cepat berikan respon adalah penerbit Buah Hati. Bertemu lah kami untuk pertama kali dan bicarakan rencana pembuatan buku. Pulang dari meeting itu, RJ membawa semangat baru. Ia pun mulai mencari sumber bacaan lain untuk memperkaya isi buku. Saya perhatikan, RJ suka dengan referensi berupa video dan visual. Lalu ia terjemahkan ke dalam penulisan. Tidak mudah memang selalu membangun semangat yang sama dikala RJ juga memiliki tugas sekolah dan kegiatan extra. Saya menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran ke dalam proses pembuatan buku ini juga, terkhusus mencurahkan kasih sayang dan perhatian untuk sang penulis, RJ. Kami sering diskusi, tidak jarang pula berdebat. Saya rasa, disini proses pembelajaran untuk kami berdua. Banyak hal baru bermunculan setelah diskusi. Outline pun selesai setelah jatuh bangun mengubah, mengoreksi, menulis ulang.

Saatnya memilih ilustrator. Tantangannya ada pada selera. RJ cukup picky untuk jenis gambar. Ia tidak mau gambar yang terlalu detail dan ke-korea-korea-an seperti yang sedang digandrungi. Menggambar apa dan ditaruh di halaman berapa nya pun RJ yang mengatur dan merancang. And there you go, proses yang cukup intens akhirnya berlanjut ke tahap design & layout buku. Puas akan hasilnya, belum membuat RJ sadar betul bahwa ia sedang menghasilkan sebuah karya. Sampai akhirnya, buku dalam bentuk hardcopy ia pegang di tangan nya sendiri dan lihat dengan seksama. Barulah RJ sadar dan loncat-loncat kegirangan, “MY BOOK IS PUBLISHED, MOM! WOW THIS IS SO AWESOME!” Saya menjadi saksi mata kegembiraan nya. Tak terasa air mata bahagia menetes.
Februari 2015 merupakan bulan karunia buat RJ, tepat di ultah ke-12, ia persembahkan kado terindah buat saya, ato dan nin nya. BUKU E-WASTE karya RAFA JAFAR. Terlebih, soft launching buku nya pun lancar berjalan di event peluncuran buku Ato. Sesi RJ berbagi cerita dan pengalaman tentang buku nya mengalir begitu saja, didepan para tamu yang sebagian besar kawan Ato-nya. He truly nailed his first public speech! I am such a proud mother.
Buku pun beredar ke toko-toko buku, di seluruh Indonesia. Sesempat kami di weekend, mengunjungi toko buku di wilayah terjangkau, jakarta dan Jawa. Melihat bukunya ada di deretan buku  sains anak, RJ senangnya bukan main. Apalagi di sepanjang rak kategori sains anak, hanya RJ lah penulis Indonesia, anak-anak pula. Ah bangga nya. Memang masih jarang buku dengan genre ini.
Kegembiraan bertambah karena pembeli buku RJ mulai memberikan testimoni, bahwa anak-anaknya enjoy membaca buku Ewaste. “Banyak pengetahuan baru dan penting yang didapat dengan buku yang dikemas dengan gaya bahasa anak remaja ini. Ih keren banget sih RJ baru 12 tahun sudah bisa nulis buku seperti ini!” -Ifa, mama Z 7 th. “Bukunya keren banyak informasi tentang E-waste yang disampaikan dengan menarik, sederhana, & enak dibaca, seperti tips menghemat batere, sama sekali gak bosen! Apalagi pas Clarissa tahu yang menulis anak SD, dia jadi terinspirasi nulis juga deh!” -Lydia, mama Clarissa 6th. “Pulang kerja langsung ditanya, mama tau gak batere, TV, HP yang udah gak kepake dibuang kemana, oh ternyata seharian dia baca buku RJ! For 12 year old boy, you rock!” -Feby mama Naveed. “Keren ya anak-anak jaman sekarang, bangga deh sama RJ!” -Najwa Shihab, MetroTV.

Hari ini, buku E-waste: Sampah Elektronik diluncurkan, bertempat di Sekolah Cikal Amri. Didepan 180an teman dan gurunya, RJ menjawab rasa penasaran mereka tentang proses pembuatan buku. Senang rasanya bisa berbagi bahwa projek sekolah sangat memungkinkan untuk diangkat menjadi karya yang lebih besar dan memberikan dampak yang lebih banyak.

RJ dan saya ingin berterima kasih tak terhingga kepada Penerbit Buah Hati yang telah memberikan kesempatan bagi seorang anak usia 11 tahun mewujudkan impiannya, mempercayai RJ untuk mengembangkan hal sesederhana projek sekolah menjadi sesuatu yang mudah dibaca dan dicerna. Terima kasih kepada sekolah cikal yang mewadahi tiap siswanya untuk berkarya melalui PYP projek, suatu penelitian 3 bulan yang menantang namun menyenangkan dan tentu sangat berguna (mereka belum sadar saja, nanti ketika sudah sma atau kuliah, baru mengerti benar kegunaan penelitian semasa di SD).  Semua guru dan fasilitator yang mengawal RJ selama projek, you definately have inspired him! RJ’s classmates, wow sekelompok anak-anak yang luar biasa menyenangkan dan (ini yang terindah) sopan. Di jaman yang serba digital membuat anak-anak tumbuh menjadi cuek, BUT not his friends. Senang melihatnya. Tidak ketinggalan, para orangtuanya. Oh my God, kompak minta ampun, bersyukur banget bisa mengenal mereka semua yang selalu setia saling beri informasi tentang kegiatan anak-anak dan malah mengatur, mendampingi, menjaga, and most importantly menyayangi mereka semua tanpa terkecuali. That is for me, a true friendship!

RJ, mungkin jika ada kata diatas “bangga”, akan mami gunakan, You have achieved beyond my imagination, beyond my expectation. You are such an amazing loveable kid. You are my life. Even only thinking of you, makes me alive.

Congratulation my son. I hope this book you’ve written can make people more aware on e-waste and give as many impact as it can. This will be your step stone in to bigger dream and brighter future. Stay smart and inspirative! LOVE YOU A LOT.

baca juga EwasteBook Launch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *